Posted by : Muhammad son'ani Jumat, 22 Februari 2013


TOOLS-TOOLS JARINGAN

Untuk pengaturan atau pemerikasaan suatu jaringan diperlukan tools-tools jaringan yang dapat memudahkan kita dalam memantau suatu jaringan. Tools tersebut ada yang berupa software dan ada pula yang berupa perintah/sintak yang sudah ada pada sebuag system opererasi, misalkan untuk di platform Windows ada tools seperti  nslookup, ping, tracert, pathping, netdiag, ipconfig.

1.  ipconfig 

ipconfig  merupakan  tools  untuk  menampilkan  setting  jaringan  yang digunakan  oleh sebuah komputer. Administrator atau pengguna sebelumenggunakan tools lainnya, sebaiknya memeriksa hasil tools ini terlebih dahulu, memastikan bahwa konfigurasi yang di entri (secara manual) atau yang didapatkan dari server DHCP sudah valid.
Opsi yang dipraktekkan : ipconfig, ipconfig/all, ipconfig/release, ipconfig/renew





2.  ping

Digunakan  untuk  test  atau  checking  koneksi  dengan  menggunakan protokol  ICMP.  Pada  jaringan  umumnya  administrator  memanfaatkan tools ini untuk mempermudah penyelesaikan troubleshooting jaringan.
Opsi yang  dipraktekkan  :  ping  ipgateway,  ping  ipdnsserver,  ping -t ipserver



Beberapa pesan yang mungkin muncul jika pinging tidak berhasil antara lain  :

TTL Expired in Transit  : artinya  jumlah hop (router) yang dilalui untuk berkomunikasi dengan  server  tersebut  telah  melebihi  TTL  (Time  To  Live),  gunakan  ping  i  untuk mendefinisikan TTL pada saat melakukan ping


Destination Host Unreachable : artinya packet yang dikirimkan tidak mampu sampai ke tujuan, biasanya disebabkan oleh table routing yang tidak tepat di mesin default gateway, atau router/hop diatasnya.


Request Timed Out :  artinya pesan echo replay tidak dapat diterima kembali dalam waktu yang  sudah  ditentukan.  Biasanya  pesan  ini  muncul  karena  blockade  yang  mungkin dilakukan oleh firewall (baik disisi router maupun di sisi target).


Ping request could not find host : artinya resolving domain server tersebut pada pc kita tidak dapat menerjemah ke IP address. Hal ini biasanya karena setting DNS client masih keliru atau komunikasi kita dengan DNS server terganggu/terputus.

Time
Time pada sebuah paket PING mengindikasikan ketersediaan bandwidth yang disediakan untuk paket PING, jika bandwidth PING habis maka statistik dari time, akan semakin besar. pada contoh diatas keadaan paling buruk adalah 1010 ms. biasanya ISP mengalokasikan bandwidth khusus untuk PING ini.
TTL
TTL singkatan dari Time To Live, adalah sebuah ukuran yang menunjukkan identitas sebuah host, nilai PING dari Windows adalah 128, artinya jika TTL 128 sistem operasi yang digunakan adalah Windows XP, untuk mencobanya silakan Anda melakukan PING localhost. di command prompt. setiap melewati 1 router TTL akan di kurangi 1 paket. pada contoh diatas TTL dari www.google.com adalah 244. aslinya tidak 244 berhubung melewati banyak router sehingga sisanya tinggal 244. Seorang administrator handal sebuah paket PING yang melewati router, sang administrator dapat melakukan pengubahan nilai dari TTL ini menjadi nilai-nilai tertentu.


3.  nslookup

nslookup digunakan untuk mendiagnosa layanan DNS server, melakukan query untuk memetakan suatu domain menjadi IP address atau sebaliknya. Tools nslookup juga dapat digunakan untuk mengetahui mx (mail server) atau ns (nameserver) yang bertanggung jawab terhadap suatu domain.
Opsi yang dipraktekkan : nslookup ugm.ac.id, nslookup (enter) lalu set query=mx  atau set query=ns




4.  tracert

tracert singkatan dari traceroute, yakni tool untuk menampilkan jalur atau routing   perjalanan  packet  komunikasi  antara  komputer  kita  dengan komputer (server) lain.  Tool ini akan menampilkan jumlah hop (router) yang dilalui ketika menuju server target.
Opsi                              yang     digunakan    :     tracert     ipserver/domain,     tracert     -d ipserver/domain







5.  pathping

merupakan tools pada windows yang digunakan untuk mengukur network latency dan  network loss (dalam persentase) pada hop tertentu diantara alamat asal dan  alamat tujuan.
Opsi yang digunakan : pathping -n ipserver/domain







6.  Netstat

            Netstat            singkatan         dari      network           status,  digunakan       untuk berbagai keperluan, antara lain menampilkan tabel routing, menampilkan services yang  berjalan  pada  Windows,  menampilkan  port  protokol  komunikasi yang sedang terjadi.
Opsi yang dipraktekkan: netstat -rn, netstat –an



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © "Vansyson Blog" - Metrominimalist -